Rabu, 14 September 2011

Arti "Sahabat" Menurut Islam

Bismillaahirrahmaanirrahiim
وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿٣﴾
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta'ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
 (QS. Al 'Ashr 103:1-3)


Terkadang kita butuh kesendirian, sahabatku..
Saat dimana kita butuh ketenangan untuk menata hati kita, menyesali kesalahan-kesalahan kita, meluruskan kembali niat kita, memperkokoh jiwa kita, memohon pada-Nya agar diberi petunjuk ke jalan yang lurus. Rasul pun ber-uzlah, ber-tahanuts untuk memperoleh petunjuknya
Namun ada kalanya pula kita butuh teman untuk berbagi. Teman yang tulus untuk mengingatkan dan menguatkan kita. Siapa sangka insan lemah itu menyimpan masalah yang dirasa berat dan putusan yang diambilnya adalah titik terpenting dalam hidupnya?!
Siapa sangka insan ceria itu bisa menangis saat menumpahkan kesedihannya?!

Subhanallah.. Maha Suci Allah..

Yach.. bukankah dunia ini silih berganti dan kehidupan manusia dipergilirkan?.. ada saatnya kita  dihadapkan pada masa-masa sulit, ada saatnya kita dihadapkan pada masa-masa senang,ada kalanya kita diberi Allah kemampuan untuk mengumandangkan Firman-Nya, dan ada kalanya pula Allah menitipkan hidayah-Nya pada seseorang untuk kita.
Sahabat..
Setiap langkah kehidupan, kita akan senantiasa dicoba, semakin kita berilmu, semakin banyak pula cobaan yang kita hadapi..
Dan jangan dikira para ustadz, ustadzah, kiyai, ulama ataupun siapa saja yang mendalam ilmunya itu hidup tanpa cobaan yang berarti, justru cobaan atas diri merekalah lebih berat.. Apalagi para Nabi dan Rasul-Nya Muhammad Saw.
Karena itu.., berbagilah, jika hal itu membuat bebanmu sedikit berkurang..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar