Minggu, 11 September 2011

Akhlakul Karimah (1)

  • Janganlah takdir membuat dirimu putus asa. Sadarkanlah hatimu agar terus memberi selamat bekerja keras, bersikap dinamis, dan gigih meraih cita-citamu! Rahmat Allah akan selalu tercurah bila kita terus berusaha, berikhtiar & berdoa, Insya Allah!
  • Iman kepada qada' & qadar akan melahirkan jiwa yang seimbang yakni tidak mudah menyerah namun juga menyadari bahwa kemampuan manusia ada batasnya. Oleh karena itu, setelah berikhtiar kita harus tawakal atau berserah diri kepada Allah swt atas hasil akhirnya.
  • Cinta pekerjaan hendaknya dapat menjadikan diri kita sebagai pribadi yang gemar bekerja keras atau memiliki etos kerja yang tinggi, gigih atau tidak mudah menyerah & tidak berputus asa, serta memiliki sikap dinamis atau memiliki upaya agar dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat guna mencapai hasil yang maksimal.
  • Sebagai umat Islam, khususnya generasi muda, kita harus giat bekerja dan berusaha. Oleh karena itu, kembangkanlah sikap kreatif dan milikilah sikap berkemauan keras menuju hasil yang terbaik. Umat Islam dituntut untuk menjadi umat yang terbaik dan hal itu hanya dapat diraih bila kita giat belajar dan bekerja.
  • Berbuatlah jujur dan terbuka karena sikap tersebut akan membawamu pada ketenteraman dan kemenangan! Kejujuran dan keterbukaan akan mendatangkan kemuliaan dan mempermudah kehidupan.
  • Orang yang berprilaku jujur biasanya juga bersikap selalu menepati janji. Ia akan mengatakan hal yang seharusnya dikatakan. Dengan kata lain, ia akan selalu satu dalam perkataan, pikiran, dan perbuatan. Ia akan memiliki komitmen yang kuat dalam dirinya. Sudahkah kita berbuat demikian?
  • Orang yang taat pada Allah swt tentu akan memiliki hati yang lembut karena mudah tergetar oleh nama Allah dan ayat2 NYA, mau memaafkan kesalahan orang lain karena Allah pun Maha Pengampun, suka menolong dengan hartanya, dan mempunyai kesabaran di hatinya.
  • Milikilah rasa kasih sayang, ramah tamah, tenggang rasa, dan berhati lapang ketika bergaul dengan sesama manusia! Insya Allah, bila kita mengasihi sesama makhluk Allah, niscaya kita akan dikasihi pula oleh Allah swt.
  • Jadilah orang yang pemaaf & sabar karena sikap tersebut akan membawa pada kemuliaan, kehidupan yang harmonis, dan senantiasa bersama Allah swt.
  • Dalam kehidupan hendaknya kita dapat bersikap rendah hati dengan mau meminta maaf bila berbuat salah, berhati lapang atau ikhlas memaafkan kesalahan orang lain, baik diminta ataupun tidak diminta, dan bersikap bijaksana dengan mempertimbangkan seluruh perkataan dan perbuatan yang akan dilakukan.
  • Generasi yang menjadi harapan Islam di masa depan adalah generasi yang cerdas. Oleh karena itu, jadilah generasi muda yang cerdas karena nasib umat Islam akan bergantung padamu!
  • Dalam kehidupan sesama manusia, kita harus bersikap kosmopolit yang artinya tidak suka membedakan satu dengan yang lain. Saling mengasihi, menghargai, menghormati, dan bersikap adil harus kita tanamkan agar kehidupan menjadi damai dan tenteram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar