Senin, 12 September 2011

Akhlakul Karimah (2)

  • Sikap kukuh hati dan mampu mengendalikan diri khususnya terhadap perilaku yang kurang baik, harus kita tumbuhkan. Karena hal tersebut merupakan cermin akan keimanan kita terhadap sifat-sifat Allah swt.
  • Sifat tanggung jawab & jujur merupakan sifat2 yang lahir setelah seseorang meyakini kebenaran dan kemuliaan asma Allah swt. Artinya, seseorang bertanggung jawab untuk dapat meneladani atau mengikuti makna dari nama Allah tersebut. Kejujuran yang dituntut adalah mampu mengakui kesalahan atau kekurangan yang ada pada dirinya sekaligus bersifat terbuka untuk dapat menerima nasihat ataupun kritik dari orang lain.
  • Keberadaan alam semesta beserta isinya telah menjadi isyarat bahwa penciptanya pasti ada. Keteraturan alam semesta tidak mungkin terjadi dengan sendirinya. Alam semesta memang diatur dan ditata indah oleh Sang Maha Pengatur. Dialah Allah swt. Beriman & beramal saleh, melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya serta berbudi pekerti yang mulia akan menjadi bukti nyata bahwa seseorang telah mengakui keberadaan Allah swt.
  • Allah swt pasti berbeda dengan seluruh ciptaan-Nya. Makhluk Allah yang ada di alam semesta ini tidak mungkin sama dengan Allah swt. Akal yang sehat mengatakan bahwa pencipta pasti tidak sama dengan ciptaannya. Pencipta televisi pasti berbeda dengan televisi yang dibuatnya. Sifat Allah juga berbeda dengan sifat makhluk-Nya. Jika kebanyakan manusia mempunyai sifat mendendam, maka Allah mempunyai sifat pemaaf. Oleh karena itu Allah menyukai orang-orang pemaaf. manusia suka berbohong & ingkar janji, tetapi Allah tidak pernah berbohong dan tidak suka mengingkari janji. Allah menyukai orang-orang yang jujur & amanah.
  • Allah swt selalu kekal abadi. Kekekalan Allah pasti dapat dijadikan sandaran bagi manusia. Jika manusia bersandar pada sesuatu yang tidak kokoh dan tidak kekal, maka sandarannya itu akan sia-sia dan berakhir dengan kekecewaan. Allah yang Maha Kuat & Kekal Abadi pasti bertanggung jawab pada siapa pun yang menyandarkan urusannya kepada-Nya.
  • Menghargai kebersihan & kesehatan merupakan salah satu hal penting yang terkandung dalam ajaran Islam. orang yang menjaga kebersihan baik pribadi maupun lingkungan tentu akan terjaga pula kesehatannya. Dengan kesehatannya, seseorang akan memiliki kekuatan dan semangat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari
  • Keindahan merupakan suatu hal yang akan muncul bila kita senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Apakah kamu menyukai keindahan? Tentu saja, semua orang pasti menyukainya. Allah pun menyukai keindahan karena Dia Maha Indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar